Powered by Blogger.

9 Hal Yang Baik Untuk Dilakuan berhubungan dengan Menyikat Gigi

by - 7:53 AM

Saya bukanlah seorang Dokter gigi, saya hanya memberikan pandangan dan pengertian tentang beberapa hal yang menurut saya baik untuk dilakukan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. 

1. Harus Mengganti Sikat Gigi Setiap Tiga Bulan


Gantilah sikat gigi setidaknya setiap tiga bulan sekali. Perhatikan contoh sikat gigi yang sudah tidak layak pakai lagi dibawah ini. Sikat gigi dalam keadaan seperti dibawah ini tidak akan dapat bekerja membersihkan gigi secara maksimal. Selain ini, banyak bakteri juga sudah berakumulasi didalamnya.
Sikat Gigi Yang Sudah Tidak Layak Pakai

2. Menyikat Gigi minimal harus 2 Menit 

Waktu yang direkomendasikan atau disarankan para dokter gigi adalah 2 menit dengan rincian 30 detik untuk setiap quadran gigi kita. Sebagai contoh: 30 detik di quadran gigi sebelah kiri bawah, 30 detik di bagian kanan bawah gigi dan berlaku juga untuk bagian atas gigi. 

Sejak tahun 2014, saya sudah menggunakan Oral-B electric toothbrush. Menyikat gigi dengan sikat gigi electrik akan menggunakan timer melalui Applikasi yang ada di HP anda untuk mengingatkan dan mengarahkan kita menyikat gigi selama waktu yang direkomendasikan yakni 2 menit. Apabila anda mencoba menggunakan timer saat menyikat gigi, saya rasa pasti anda akan merasakan bahwa 2 menit adalah waktu yang sangat lama. Mengapa? karena kita sudah terbiasa untuk serba cepat dengan segalah sesuatu apalagi dalam menyikat gigi. 


Mengapa menyikat gigi harus selama 2 menit? karena dibutuhkan waktu untuk Fluoride dan kandungan penting lainnya dalam pasta gigi untuk tinggal dan bekerja pada gigi kita. 

3. Berkumur atau Membilas Dengan Mouthwash

Setelah menyikat gigi dengan terburu-buru atau kurang dari 2 menit, terkadang kita juga dengan spontan dan segera berkumur atau membilas dengan air. Tidak ada salahnya apabila kita membilas dengan air, tetapi janganlah tergesa-gesa dan berkumur atau membilas dengan terlalu banyak air sehingga membuang semua kandungan dari pasta gigi yang baik sebenarnya untuk gigi dan mulut kita. Akan lebih baik lagi apabila setelah selesai menyikat gigi, kita kemudian berkumur atau membilas dengan Mouthwash. Mouthwash bisa memberikan tambahan extra kandungan yang baik yang dibutuhkan oleh gigi dan mulut kita. Selain itu juga Mouthwash dapat membersihkan seluruh wilayah mulut dan kerongkongan kita yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. 

4. Jangan Menyimpan Sikat Gigi Anda Secara Terbuka di dalam Kamar Mandi (Toilet)

Ada beberapa Study yang saya baca mengatakan bahwa lebih dari 60% sikat gigi yang dites setelah dibiarkan terbuka tinggal didalam kamar mandi (toilet) ternyata pada sikat gigi itu terdapat kuman yang berasal dari kotoran manusia (tinja). Selain itu, kamar mandi (toilet) memiliki kondisi udara yang lebih lembab, sehingga apabila siakt gigi diletakan didalam kamar mandi, akan membuat sikat gigi kita lebih lembab dan tidak mudah kering untuk ketika dipakai kembali. Tarulah sikat gigi anda setidaknya ditempat yang terbuka dan kering. 

5. FLOSSING / Menggunakan Benang Gigi

Ada banyak Flosh benang gigi yang dijual di Toko maupun Apotik dan saya pribadi menggunakan merek DenTek dibawah ini. Saya tidak tahu pasti dimana kita bisa membeli Floss di Papua, tetapi saya selalu membelinya dari luar Papua. 

Flossing atau membersihkan gigi dan gusi menggunakan benang gigi adalah sangat penting karena dapat membersihkan sampai ke celah-celah gigi dibagian dalam gusi yang jarang sekali dapat dijangkau dengan hanya menyikat gigi ataupun berkumur saja. Flossing dapat dilakukan setidaknya sehari sekali.

Flossing dilakukan dengan cara menyelipkan dental floss diantara gigi untuk pengangkat plak atau sisa-sisa makanan yang terperangkap hampir kedalam gusi dicelah-celah gigi. Janganlah takut untuk melakukannya karena anda tidak akan merusak gusi anda, justru anda membantu gusi anda untuk menjadi lebih bersih dari kuman yang akan berdampak lebih buruk lagi kedepannya apabila dibiarkan. Flossing sangat penting khususnya untuk mencegah terbentuknya karang gigi. Karang gigi atau yang juga dikenal dengan sebutan tartar terjadi akibat plak atau kotoran kuman yang ada pada sekitaran gigi dan gusi yang mengeras akibat dibiarkan terlalu lama karena tidak pernah dibersihkan. 

6. Bersihkan Juga Lidah Anda

Jangan lupa untuk juga membersihkan lidah anda. Untuk sikat gigi yang baik, bagian belakang dibuat untuk anda gunakan membersihakn lidah anda. 

7. Gunakan Sikat Gigi Yang Lembut Sisirnya atau Brushnya Jangan Yang Keras

Ada terdapat sikat gigi yang keras bagian atasnya sisirnya atau brushnya yang apabila dipegang seperti menusuk karena tajam atau keras. Pasta gigi yang baik adalah yang lembut texturnya sehingga nantinya tidak merusak gusi anda.

8. Sikat Gigi Dengar Gerakan Memutar atau Circle 

Jangan hanya menyikat gigi dengan gerakan atas dan kemudian bawah. Gunakan gerakan melingkar atau memutar setiap kali anda menyikat gigi dan fokusnya ke bagian antara gigi dan gusi anda. 

9. Sikat Gigi dengan 45 Derajat Sudut


Ingatlah juga untuk menyikat bagian dalam gigi anda. Terkadang karang gigi atau kotoran yang menumpuk tidak terlihat dari bagian luar gigi, tetapi sesungguhnya juga ada dibagian dalam dari tampak depan gigi anda.

________________________________________________________________________________

#Peace (LvK)


You May Also Like

0 comments

Kalau Ko bekerja, Ko bekerja sendiri... Tapi kalau Ko berdoa, Tuhan yang bekerja