Powered by Blogger.

Uji Coba Kecelakaan Pesawat Boeing 727 oleh Discovery Channel

by - 8:14 AM

Discovery Channel melalui beberapa orang tim Scientist atau para ilmuwannya melakukan Uji Coba kecelakaan pesawat pada bulan April 2012 berlokasi di Sonoran Desert, Mexico. Tujuan utama dari Uji Coba kecelakaan pesawat ini adalah untuk menentukan bagian teraman dalam Cabin pesawat saat terjadi kecelakaan pesawat atau dalam hal ini saat jatuhnya pesawat. 

Boeing 727-200 tanpa nomor penerbangan ini sengaja khusus dibeli untuk dilakukan beberapa eksperimen khusus. Boeing 727 lepas landas atau take off dari Rodolfo Sanchez Taboada International Airport mengangkut beberapa crew flight atau pilot terlatih beserta dummies atau orang-orangan sebagai para penumpang didalam Cabin. Orang-orangan atau sejumlah dummies ini juga diatur dalam 3 posisi berbeda saat terjadi kejatuhan pesawat atau kecelakaan: menggunakan sabuk pengaman tetapi tidak mengikuti petujuk keselamatan dengan membungkukan bagian atas tubuh kebawah, tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan sabuk pengaman dan mengikuti petujuk keselamatan untuk posisi tubuh yang benar saat tabrakan pesawat.

Orang-orangan didalam Beoing 727


Boeing 727 kemudian diarahkan oleh seorang pilot menuju padang gurun Sonoran untuk nantinya dijatuhkan dengan sengaja. Setelah terbang tinggi, Beoing 727 kemudian descending, dan setelah mencapai ketinggian sekitar 2,500 ft, para pilot yang menerbangkan pesawat ini akan kemudian melompat keluar dari pesawat dengan menggunakan parasut. Boeing 727 yang hanya berisikan orang-orangan atau dummies kemudian diarahkan dengan remote-control dari pesawat Cessna disekitarnya untuk kemudian jatuh dan mengalami tabrakan di padang pasir Sonoran.
 Pesawat Boeing 727 yang dipakai dalam Uji Coba di padang pasir Sonoran ini, jatuh dan menyentuh 'tanah' pada kecepatan 140 miles per jam (230 km/jam), dengan descent rate 1,500 ft/menit (460 m/min).

Beoing 727 saat impact 

Hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut:

1. Bagian yang teraman adalah bagian tengah dari cabin pesawat.
First Class atau Business Class memang memberikan kenyamanan pada saat terbang. Tempat duduk pada kelas satu atau first class biasanya lebih luas, ruangan untuk kaki juga lebih lebar, bahkan mendapatkan pelayanan makan minum dan lan-lain yang jauh lebih baik dibadingkan dengan kelas ekonomi biasa. 

Akan tetapi, hasil Uji Coba saat pesawat jatuh membuktikan bahwa justru bagian tempat duduk paling depan yang biasa dijadikan tempat duduk untuk kelas satu atau First Class atau Class Business adalah yang paling tidak aman didalam Cabin Pesawat. Saat jatuhnya pesawat, bagian tengah pesawat adalah yang paling aman. Selain itu juga memberikan akses keluar dari pesawat yang lebih mudah saat terjadi kecelakaan. Lebih mudah keluar dari sayap pesawat daripada harus melalui pintu utama Cabin pesawat yang letaknya jauh lebih tinggi dari permukaan tanah. Untuk keluar dari pintu masuk utama ke Cabin pesawat, penumpang harus melompat keluar seperti melompat dari lantai 2 sebuah bangunan.

2. Pentingnya Menggunakan Sabuk Pengaman dan Membungkukkan Badan seutuhnya saat ada pendaratan darurat. 

Hasil uji coba dengan orang-orangan atau dummies membuktikan bahwa penumpang yang mengalami patah tulang bahkan meninggal adalah mereka yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan membungkukkan badan seutuhnya seperti yang diarahkan atau yang terdapat pada buku petunjuk keselamatan. 

3. Pastikan Tidak Menggendong Anak Kecil Tanpa Menggunakan Sabuk Pengaman yang dikaitkan pada sabuk pengaman anda.

Adalah baik mendapatkan tiket gratis untuk anak kita. Akan tetapi pastikanlah untuk memakaikan sabuk pengaman juga pada anak kecil anda. Hasil Uji Coba ini juga membuktikan bahwa seorang anak kecil yang digendong tanpa sabuk pengaman khusus akan terlempar jauh dari anda saat impact atau goncangan hebat di pesawat. 
_________________________________________________________________________________

Demikain penjelasan singkat tentang proyek senilai $1,5 juta dollar Amerika. Untuk menyaksikan lebih detail lagi tentang Uji Coba ini, dapat disaksikan di TV Show "Plane Crash" Season 2 Episode 1. 
 Hasil dari Eksperimen ini tidak menjamin kepastian keamanan tempat duduk saat terjadi kecelakaan pesawat. Sebagai orang yang percaya dan mengakui adanya Tuhan dan bagaimana kita diciptakan oleh Tuhan, kita harus yakin bahwa  Hidup dan mati ditentukan oleh Tuhan. 
Selain itu, pesawat terbang adalah transportasi yang menggunakan teknologi terdepan. America's National Transportation Safety Board mengatakan bahwa transportasi udara atau pesawat terbang adalah 20 kali lebih aman daripada menggunakan transportasi darat berupada mobil. America's National Transportation Safety Board juga sudah melakukan perhitungan dan hasil perhitungan statistic probability atau kemungkinan meninggal dunia untuk setiap orang akibat kecelakaan pesawat adalah sebesar 0.00014%. 
Selain itu kalau Habibie bilang sih pesawat goyang itu bagus tandanya pesawatnya bagus. Kalau pesawatnya tidak bagus yah langsung jatuh tanpa kita sadari :D

#Peace(LvK)

You May Also Like

0 comments

Kalau Ko bekerja, Ko bekerja sendiri... Tapi kalau Ko berdoa, Tuhan yang bekerja